PERSIAPAN SEBELUM INSTAL: Pastikan apikasi Zip aka 7zip atau winzip atau winrar, etc sudah terinstal di PC anda kalau belum, Instal ...

PERSIAPAN SEBELUM INSTAL:


  • Pastikan apikasi Zip aka 7zip atau winzip atau winrar, etc sudah terinstal di PC anda kalau belum, Instal dulu! kalo belum punya Download disini 7-Zip 9.20 (32-bit)  
  • Pastikan aplikasi virtual CD sudah terinstal di PC anda! disarankan anda menggunakan Daemon yang sudah teruji dengan baik saat digunakan untuk game SC4 kalau belum punya download DAEMON v4.40.2
  • Pastikan anda sudah punya applikasi Gmax (versi gratisnya 3DsMax) kalau belum punya download disini (Gmax12 size 19,3MB) setelah download langsung registrasikan disini (gratis) diinstal setelah menginstal gamenya. 
  • Pastikan anda sudah punya BAT (Building Architecture Tool) kalau belum punya Download disini. 
  • Pastikan anda sudah mempunyai 4 file Essential yang diperlukan untuk mengupdate gamenya! dibawah ini klik untuk download!


1. UPDATE_SKU1_TO_P1_B638.exe (16,77 MB)
2. SC4Update4BAT.exe (14,4 MB)
3. SimCity 4.exe versi 1.1.640.0 (8,2 MB) [Update]
4. SC4DELUXE2.mds (594 KB)

CARA INSTAL:


  1. Unzip/extract instaler game-nya di folder yang anda inginkan, contoh mudahnya di dekstop atau my document, akan ada SC4Deluxe1 dan SC4Deluxe2
  2. Bikin virtual CD instaler game-nya! caranya pada ikon Daemon Tool (simbol petir) pada tolbar window yang ada di pojok kanan bawah (sebelah tanggal) Klik kanan>virtual CD/DVD-room>device?>mount image>cari lokasi SC4Deluxe1 berada klik open!
  3. Jika Auto playCD pada PC anda tidak di disable maka otomatis proses setup akan segera dijalankan! jika tidak buka window explorer klik pada virtual CD yang berisi instaler game SC4, dobel klik setup atau auto run-nya. 
  4. Jika meminta Serial Number ketik SN / CDkey yang ada di virtualCDnya jika tidak ada pake SN  622A-3TLB-XQAR-PUKT-M2RD
  5. Setelah kira-kira 50% ada pesan "please insert CD2" Mount SC4DELUXE2-nya (Caranya persis seperti mount SC4Deluxe1) lalu klik ok 
  6. Setelah proses instalasi komplit jika gamenya autorun, tapi hanya menampilkan star up gambar jembatan, hentikan proses simcity 4.exe caranya klik Ctrl-Alt-Del secara bersamaan windows task manager akan terbuka, pada tab processes cari simcity4.exe klik End Process klik ok 
  7. Instal Gmax.exe klik setup! tunggu sampe proses instalasi selesai (sekaligus masukkan kode registrasinya)
  8. Instal BAT (SimCity_4_Building_Architect.exe) 
  9. Jalankan proses update EP1 supaya bisa nightlighting 1.) instal UPDATE_SKU1_TO_P1_B638.exe klik ok 2.) instal SC4Update4BAT.exe klik ok 3.) Replace SimCity 4.exe (yang ada di C/ProgramFiles/Maxsis/SimCity 4 Deluxe/Apps) dengan SimCity 4.exe versi 1.1.640.0
  10. Bikin virtual CD2playgame caranya: mount SC4DELUXE2.mds 
  11. Jalankan gamenya n Enjoy



PERLU DIPERHATIKAN:


  • Fungsi utama dari update ke Versi 1.1.640.0 adalah agar lampu malam pada gedung-gedung addons (custom konten) yang di download bisa menyala ketika mode malam! 
  • Gedung-gedung default (bawaan game) masih tetap menyala ketika mode malam meskipun game tidak di update!
  • Game yang bisa di update hanya game yang tidak di Krack (menjalankannya menggunakan virtual CDplay game)
  • Jika pencahayaan lampu malam pada gedung addons dianggap bukan sesuatu yang penting bagi anda maka gunakanlah Krack dan proses instalasi tidak akan seribet metode update! jika anda menggunakan krack anda tidak memerlukan Gmax, BAT, dan ke empat file buat mengupdate-nya! Proses intalasinya cukup dari point 1 sampai point 6 kemudian pastekan Krack-nya pada Program files/Maxis/Simcity 4 Deluxe/Apps dan game bisa langsung di jalankan!


kalau mau pake krack dan pada instaler gamenya tidak ada, krack download disini (gamecopyword.com)

Warning: Game yang di Krack tidak bisa di update jika anda ingin mengupdatenya harus di instal ulang dan jalankan tutorial instalasi persis seperti di atas.


PERTANYAAN YANG SERING DITANYAKAN:

1. T. Gan gimana sih cara meng intal game SimCity 4?
>>>J. Baca Tutorialnya diatas dengan seksama, kalau malas mbacanya gak usah main SC4


2. T. Gan kenapa tidak bisa intal SimCity 4?
>>>J. Gak bisanya kenapa? Ceritakan lebih detil kronologi gak bisanya! lebih mudah kasih Screen Shotnya (emangnya disini para dukun yg bisa liat kompie agan? please dech..ah….. Don't be Idiot)

3. T. gan.. mo tanya ane instal pake CD/DVD tapi kenapa saat proses instal selalu gagal?
>>>J. mungkin CD/DVD instalernya cacat! untuk memastikan coba kopi semua instaler game ke Harddisk lalu jalankan setupnya dari harddisk, jika tidak bisa di kopi semua berarti CD/DVDnya memang cacat! solusinya kembalikan ke penjualnya dan minta ganti.

4. T. Gan ane pake CD/DVD atau dah download trus mau instal tapi kok gak ada setup-nya? cuma ada dua file SC4DELUXE1 dan SC4DELUXE2 gimana sih caranya?

>>>J. Cara instalnya pake program Moun Image atau virtual CD gan! aka Daemon Tool, setelah dibuka pake daemon (link download ada diatas) ntar kelihatan Setupnya, caranya; setelah instal daemon-nya klik ikon daemon (seperti lambang petir) di pojok kiri bawah deket time arahkan kursor ke Virtual CD/DVD-room - device;0 - arahkan ke SC4DELUXE1.iso berada

5. T. Gan gimana nih? proses instalasi sukses tapi, saat game dijalankan selalu minta “please insert cd2 play game!” padahal CD2 sudah ada di cd room, atau padahal cd2 sudah di mount!

>>>J.
Kebanyakan CD SC4 non Ori / bajagan (fisik maupun yang dimount) tidak akan terdeteksi ma SimCity 4.exe nya
Kalau menggunakan Krack, kemungkinan salah meng-pastekan kracknya!
Kalau tidak pake krack, apalagi sudah melakukan proses update, kemungkinan moun image-nya tidak bisa meng-singkronkan antara CD2play game dengan SimCity 4.exe-nya seperti mount image menggunakan Alcohol 120% solusinya coba ganti pake Daemon.
Kalau moun imagenya sudah menggunakan Daemon, kemungkinan yang di mount bukan SC4DELUXE2.mds tapi SC4deluxe2.iso atau SC4deluxe2.nrg SC4deluxe2.mdf dan sejenisnya
jika sudah benar semuanya......... tetep minta “ please insert cd2 play game” upload SS window explorernya atau yang terkait biar bisa dianalisa kenapa?


SEPUTAR PROBLEM PLUGIN/ADDONs/CONTENT COSTUM:

Sebelum bertanya tentang masalah Custom Content, Addons, Mod, Building Plugin, Building BAT periksa dengan teliti apakah game Agan sudah memenuhi ketentuan dibawah ini

1. Pastikan Simcity anda adalah Simcity 4 Rush Hours atau SimCity 4 Deluxe Edition

ini sangat penting karena 99% Custom Content atau Addons atau Mod atau Building Plugin atau Building BAT, lot dan sebagainya yang anda download tidak akan berjalan di SimCity 4 standar atau yang original.

2. Pastikan anda sudah sukses mengupdate EP1 untuk bisa melihat lampu menyala pada gedung-gedung addons ketika mode malam!

Update EP1 sangat penting karena semua kustom building hanya bisa menyala kalau EP1 pada gamenya sudah di update
cara mengupdate EP1 lihat step by step-nya pada Nighlingting Update.

3. Pastikan anda sudah mempunyai file bldgprop_vol1.dat dan bldgprop_vol2.dat dan sudah di letakkan di "My Documents/Sim City 4/Plugins".

bldgprop_vol1.dat dan bldgprop_vol2.dat adalah Official Maxis Props untuk SimCity 4 yang berguna untuk menampilkan banyak Lot atau addons yang di download bisa berjalan dengan sempurna pada game.

4. Pastikan game sedang tidak dijalankan ketika mendownload konten baru atau meletakkannya di folder plugin.

karena kemungkinan besar file baru tersebut akan corrupt atau tidak bisa jalan!

5. Pastikan bahwa semua file addons atau Mod di extract/unzip pada folder default plugin yaitu di "My Documents/Sim City 4/Plugins"

Ini Penting!! game hanya akan mendeteksi adanya kustom kontent atau file addons jika di letakkan di folder "My Documents/Sim City 4/Plugins" atau "Program Files/Maxis/SimCity 4/Plugin" selain di kedua folder tersebut tidak akan terdeteksi, perbedaannya ketika game diinstal ulang semua file addons yang di letakkan di folder plugin program files, kemungkinan besar akan ikut terhapus tapi yang di folder plugin my Documents masih utuh kecuali anda memang sengaja menghapusnya juga!

6. Pastikan anda telah membaca deskripsi online dan komentar yang ada pada Addons/Mod yang akan di Download! supaya anda tahu betul apa yang anda download!

deskripsi online dan komentar pada file memberikan pengatahuan vital, seperti bagaimana cara menginstalnya, file dependencies yang diperlukan, atau problem tentang filenya!

Setelah di download, sebelum menginstalnya, baca file Readme-nya untuk mengetahui dengan lebih rinci tentang file yang anda download! apakah masih memerlukan file dependency atau kemungkinan bentrok dengan file lainnya

Cara Instal Game SimCity 4 Indonesia

Post a Comment

  1. Ini yang ane cari2.. Meski ini game jadul tapi Mods nya masih terus di update.. Itu alasan ane install SC4 lagi :) Ijin sedot gan,, maju terus blognya

    ReplyDelete
  2. http://210.247.242.8/download/simcity4deluxe/
    error linknya

    ReplyDelete
  3. admin SimCity 4.exe versi 1.1.640.0 tidak bisa didownload/error.tolong upload ulang link nya ato email ke saya.
    thanks...

    ReplyDelete
  4. Bro, gw mau maen tapi selalu blank screen terus exit sendiri ga bisa masuk2 ke gamenya
    ada solusi? atau ada yg pernah ngalamin?

    ReplyDelete

Berikan saran dan pendapat anda agar saya dapat memperbaikinya.... Terima Kasih